KONFIGURASI EMAIL HOSTING DI PERANGKAT MOBILE
DENGAN POP3, IMAP DAN SMTP

E-mail account adalah fasilitas standard yang anda miliki dari layanan web hosting. Dalam tutorial webhosting berikut kami akan menyajikan cara mengelola e-mail account termasuk di dalamnya membuat, menghapus, dan mengedit e-mail account melalui cPanel.
Membuat e-mail Account
1Login ke cPanel.




2. Klik pada menu E-Mail Account.


\

3. Akan muncul tampilan seperti ini.




4. Silahkan isi dan lengkapi form paling atas dari halaman tersebut :
E-mail : silahkan diisi dengan e-mail yang akan dibuat. Misal Anda ingin membuat e-mail dengan alamat shoe@domainanda.com, isi dengan shoe saja
Password : isi dengan password dari e-mail account yang ingin dibuat. Lalu isikan lagi password yang sama pada isian Password (Again)
*Password strength secara otomatis akan mengukur tingkat kesulitan password yang Anda buat. Semakin tinggi nilainya, semakin aman password Anda
Mailbox Quota : isi dengan kapasitas e-mail yang dikehendaki
*Mailbox quota harus disesuaikan dengan total kapasitas account hosting yang Anda miliki. Silahkan baca artikel tentang Space pada Hosting untuk mengetahui pembagian space yang ideal

5. Klik tombol Create Account
6. Akan muncul halaman berikutnya dengan keterangan “Account Created” yang artinya account e-mail telah berhasil dibuat.



7. Selanjutnya Anda dapat mengakses e-mail tersebut menggunakan WebMail atau Outlook, tergantung pilhan Anda
8. Untuk mengakses e-mail menggunakan webmail, silahkan akses ke http://webmail.namadomain.com lalu masukkan alamat e-mail yg telah dibuat (misal : shoe@namadomainanda.com ( harus lengkap dengan @namadomainanda.com ).





Setelah membuat account email dengan nama domain Anda sendiri di cPanel, Anda bisa mengakses email tersebut melalui webmailOutlook ExpressThunderbird, atau melalui perangkat Blackberry.
Bagaimana dengan perangkat berbasis Android? Tentu juga bisa, berikut ini langkah-langkah menambahkan account email yang telah Anda miliki tersebut ke perangkat Android Anda:
1. Pilih menu Email di layar Anda.




2. Setelah muncul tampilan seperti dibawah. Masukkan alamat email dan passwordnya sesuai dengan alamat email dan password yang telah dibuat di cPanel.




3. Pilih IMAP atau POP3. Jika memilih IMAP, email masih akan tetap ada di server jika belum dihapus. Sedangkan jika menggunakan POP3, email di server akan dihapus begitu email masuk ke perangkat Android.




4. Setting Incoming Server, port-nya diisi dengan angka 993 jika langkah nomer 3 tadi memilih IMAP.




5. Android akan memeriksa setting incoming servernya, apakah sudah betul atau belum. Ditunggu saja hingga pemeriksaannya selesai.
6. Setting Outgoing Server, port-nya diisi 465. Jika provider internet Anda mengharuskan setting tertentu untuk SMTP server dan port-nya, silahkan diisi sesuai dengan permintaan provider internet/operator yang Anda gunakan. Android akan memeriksa ulang setting Outgoing Server yang sebelumnya Anda masukkan.




7. Selanjutnya adalah pilihan frekuensi pengecekan email di server. Jika diisi Never, Anda harus memeriksa email yang masuk secara manual. Jadi emailnya tidak otomatis masuk ke perangkat Android Anda.




8. Beri nama pada account email yang Anda buat, misalnya “Email namadomain.com”. Hal ini untuk membedakannya dengan account email yang lain, misalnya email dari Gmail, Yahoo!, dll. Nama yang diisikan pada formYour name” adalah nama yang akan ditampilkan pada “outgoing email” Anda.




9. Selesai, selanjutnya Android akan memuat email yang masuk di Inbox Anda. Semoga panduan ini bisa bermanfaat.